RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI
Mata Pelajaran. : Bahasa Inggris
Kelas/Smester : VIII/2 ( dua )
Tema : Teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
tentang orang, binatang, dan benda
Topik : Teks deskriptif sederhana tentang binatang
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1x pertemuan )
A. Kompetensi Inti
• KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
• KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
• KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
|
3.10 Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan
nya. |
3.10.1 Menyebutkan fungsi sosial teks deskriptif
tentang binatang. |
|
4.12 Menyusun teks
deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang,
dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. |
4.12.1 Membuat teks deskriptif sederhana
tentang binatang. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dan metode discovery learning and cooperative learning peserta didik dapat menyebutkan fungsi sosial teks deskriptif tentang binatang, serta dapat membuat teks deskriptif sederhana tentang binatang.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual : Teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang binatang.
2. Konseptual
Fungsi sosial
• Mendeskripsikan binatang.
Unsur kebahasaan
- Menggunakan simple present tense.
Contohnya: This is an elephant.
- Menggunakan kata sifat.
Contohnya: long trunk, big body, etc
- Menggunakan kata ganti it, she, he, etc; my, his, her, etc.
Contohnya: it has long trunk.
3. Prosedural
Struktur teks
a. Penyebutan nama binatang dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan.
b. Penyebutan kata sifat binatang.
c. Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan binatang.
Panjang teks: kurang lebih 5 (lima) kalimat.
Topik
Berbagai hal terkait dengan binatang yang mereka temui di lingkungan sekitar maupun kebun binatang.
E. METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Cooperative Learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN:
1. Media : Gambar, Power Point
2. Alat/Bahan : Kertas, boneka
3. Sumber Belajar :
• Buku Teks wajib
• Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal dengan benar dan akurat.
• Contoh peragaan dalam bentuk gambar atau boneka.
• Contoh teks tertulis.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
KEGIATAN |
DESKRIPSI KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
|
Pendahuluan |
a. Guru
dan peserta didik memberi salam dan berdoa sebelum belajar. b. Guru
mengecek kehadiran. c. Guru
menanyakan kabar menggunakan emotimeter. d. Guru
mengaitkan pembelajaran yang akan dilakukan dengan menanyakan apakah
peseserta didik pernah pergi ke kebun binatang atau tidak. e.
Guru menstimulasi peserta
didik dengan memberikan alat peraga berupa boneka berbentuk binatang / gambar
binatang. f.
Guru menyampaikan
cakupan materi yang akan dilakukan. |
10
menit |
|
Inti |
Pemberian
Stimulasi ( Mengamati ) ·
Siswa melihat contoh
boneka berbentuk binatang yang diberikan oleh guru. ·
Dengan bimbingan dan
arahan dari guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
mendeskripsikan binatang tersebut. Identifikasi
Masalah ( Menanya ) ·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan tentang penggunaan struktur teks
deskriptif. Mengumpulkan
Data ( Mengeksplorasi
) ·
Siswa mendeskripsikan
binatang menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, tanya jawab dan
kegiatan lain yang terstruktur. Mengolah
Data ( Mengasosiasi ) ·
Siswa mendeskripsikan
binatang menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks simulasi, tanya jawab dan
kegiatan lain yang terstruktur. ·
Dalam kerja kelompok
terbimbing siswa menerapkan fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisan teks deskriptif
sederhana tentang binatang. Menyimpulkan
Data ( Mengkomunikasikan ) ·
Siswa menyimpulkan
hasil diskusi dengan cara mempresentasikannya kepada teman kelasnya.
(menggunakan teknik number head
together ) ·
Guru memberikan feedback kepada siswanya. |
65 Menit
|
|
Penutup
|
a.
Membuat kesimpulan
berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam
pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru
b.
Guru menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. c.
Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing. |
5
menit
|
H. PENILAIAN:
1. Penilaian sikap
a. Teknik penilaian : Observasi
b. Bentuk penilaian : Penilaian oleh guru
c. Format penilaian : Terlampir
2. Penilaian pengetahuan
a. Teknik penilaian : Test Tulis ( Individu )
b. Bentuk penilaian : Penilaian Oleh guru
c. Format penilaian : Terlampir
3. Penilaian keterampilan
a. Teknik penilaian : Test Tulis ( Tugas Kelompok )
b. Bentuk penilaian : Penilaian Oleh Guru
c. Format penilaian : Terlampir
I. Rencana Tindak Lanjut Hasil Penilaian
Penilaian Sikap
Indikator Penilaian Aspek Sikap:
1. Religius
a. Berdoa setiap memulai dan mengakhiri pertemuan dan pembelajaran.
b. Selalu bersyukur dan mengucap alhamdulillah setiap kali mendapat pembelajaran.
c. Belajar dengan sungguh-sungguh dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Selalu mengingatkan temannya untuk melakukan kegiatan keagamaan.
2. Santun
a. Berinteraksi dengan teman secara ramah.
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan.
c. Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat.
d. Berperilaku sopan.
3. Tannggung jawab
a. Mengumpulkan pekerjaan dengan tepat waktu.
b. Peran serta aktif dalam kegiatan pembelajaran.
c. Mengajukan usul pemecahan masalah.
d. Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan.
4. Kedisiplinan
a. Ikut serta berdiskusi bersama teman.
b. Selalu datang tepat waktu dalam menghadiri pertemuan.
c. Tepat waktu dalam pengumpulan tugas.
d. Selalu berpakaian rapi.
Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat
Kategori nilai aspek sikap:
Sangat Baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang : apabila memperoleh nilai akhir 1
Instrumen dan Rubrik Penilaian Aspek Sikap
|
No. |
Nama Peserta Didik |
Religius |
Kesantunan |
Tanggung Jawab |
Kedisiplinan |
Nilai |
|||||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
|
Penskoran jawaban dan nilai pengetahuan Skor 1 : jika jawaban betul Skor 0 : jika jawaban salah |
|
Jumlah skor betul Nilai = ¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾ x 100 Jumlah skor maksimal |
Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan
Rubrik Keterampilan Menulis
|
Skor Element |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Content |
Jika isi teks sangat sesuai dengan instruksi. |
Jika isi teks sesuai dengan instruksi. |
Jika isi teks cukup sesuai dengan instruksi. |
Jika isi teks kurang sesuai dengan instruksi |
|
Vocabulary |
Jika menggunakan 4 kata kerja yang sesuai dengan
isi teks. |
Jika menggunakan 3 kata kerja yang sesuai dengan
isi teks. |
Jika menggunakan 2 kata kerja yang sesuai dengan
isi teks. |
Jika menggunakan 1 kata kerja yang sesuai dengan
isi teks. |
|
Mechanic |
Jika menggunakan ejaan dan tanda baca dengan
sangat tepat. |
Jika menggunakan ejaan dan tanda baca dengan
tepat. |
Jika menggunakan ejaan dan tanda baca dengan cukup
tepat. |
Jika menggunakan ejaan dan tanda baca dengan
kurang tepat. |
Instrumen dan Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan Menulis
|
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang dinilai |
Skor |
||
|
Content |
vocabulary |
Mechanic |
|||
|
1-4 |
1-4 |
1-4 |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel Skoring
|
Skor |
Nilai |
|
12 |
100 |
|
11 |
91,7 |
|
10 |
83,4 |
|
9 |
75,1 |
|
8 |
66,8 |
|
7 |
58,5 |
|
6 |
50,2 |
|
5 |
41,9 |
|
4 |
33,6 |
|
3 |
25,3 |
|
2 |
17 |
|
1 |
8,7 |
|
0 |
0 |
Mengetahui, Bogor, 20 Maret 2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Bahasa Inggris
………………… Nabilah Firdaus, S.Pd.
NIP. NIP. -
*Materi Terlampir
( gambar dibawah dipakai jika tidak ada alat peraga )
Contoh deskriptif teks ‘Lion’
Lion is the king of the jugle. It has long brown hair from head to its neck. Lion is carnivore animal. It has long canine to eat meat. Lion usually hunts to get food. It hunt deer, buffalo, or elephant.
Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Deskriptif Teks
Multiple choice Test
Choose a, b, c, or d for the right answer!
1. How many legs does spider have?
a. Two
b. Four
c. Six
d. Eight
Jawaban: D
2. A ......... has beautiful wings.
a. Bee
b. Fly
c. Butterfly
d. Dragonfly
Jawaban: C
3. Snake is a wild animal. It is .........
a. Poisonous
b. Strong
c. Huge
d. Flying
Jawaban: A
4. Monkeys like to eat ....
a. Grass
b. Banana
c. Meat
d. Rice
Jawaban: B
5. A ......... can produce milk.
a. Bird
b. Duck
c. Fish
d. Cow
Jawaban: D

Tidak ada komentar:
Posting Komentar